Selasa, 10 April 2012

BANTUAN SOSIAL KETAHANAN PANGAN


Kelurahan Karangketug Terima Bansos Rp. 100 Juta

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Kantor Ketahanan Pangan menyerahkan bantuan sosial sebesar Rp. 100 juta di Kelurahan Karangketug, Selasa (29/11). Bansos tersebut diserahkan oleh Walikota Pasuruan H. Hasani, SH kepada 8 kelompok afinitas dari rumah tangga miskin yang berjumlah 100 orang, warga Kelurahan Karangketug. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, H. Zainul Arif, SE, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Pasuruan, Helmi, S.Psi, Camat, dan Lurah se-Kota Pasuruan.
Menurut Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Pasuruan, Ir. Suhari, MM, bansos tersebut merupakan pelaksanaan Program Aksi Desa Mandiri Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat pedesaan dengan memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki atau dikuasainya untuk mencapai kemandirian pangan rumah tangga dan masyarakat Kota Pasuruan. “Dana bansos ini akan digunakan untuk usaha warung makanan/minuman, pracangan, pengolahan makanan dan usaha pemasaran hasil pertanian/perikanan,” jelas Suhari.
H. Hasani dalam kesempatan tersebut mengingatkan kepada kelompok afinitas selaku penerima bansos bahwa dana tersebut merupakan dana stimulan yang dimaksudkan untuk membantu meningkatkan modal usaha kelompok. “Dana penguatan modal usaha bukan merupakan modal yang habis pakai,” tegas H. Hasani. Dana penguatan modal digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan usaha produktif, bukan kegiatan fisik. Dana penguatan modal usaha tersebut nantinya akan dikembalikan kepada Lembaga Keuangan Desa (LKD) sebagai pengelola. Setelah itu, dana akan dipinjamkan kembali kepada kelompok lain dengan prosedur yang sama. (Hidayat/Humas)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar